Pengaruh GCG terhadap Nasabah

Pemahaman terhadap Governance dalam GCG adalah berkaitan dengan suatu perusahaan yang secara resmi terdaftar sebagai badan usaha go publik. Dengan demikian pengaruh yang timbul akan berdampak pada suatu kondisi yang kondusif. 

Dalam hal ini sebagai pemegang saham (stakeholders) dapat terlindungi oleh peraturan pemerintah dengan kata lain dana yang di investasikan oleh para anggota saham kepada perusahaan yang berstatus go publik. Maka selanjutnya dana tersebut dikelola oleh Excecutif Officer yaitu pengelolaan dana melalui pasar modal dapat dipertanggungjawabkan melalui financial report yang bersatndart PSAK ata IFRS. Board of Directors harus bertanggungjawab penuh terhadap distribusi deviden. 

Jika perusahaan Tbk tidak menguntungkan maka pembagian deviden bagi perusahaan itu tidak ada. Sebagai pertanggungjawaban dalam perusahaan maka perusahaan antara pemilik saham dan pengelola perusahaan sangat jelas dan hal ini dinyatakan pada job description karena menyangkut resiko investasi. 

saham yang telah diperjualbelikan dapat ditarik kembali oleh perusahaan dalam arti kata bahwa saham yang beredar dibeli dengan harga tertentu. Jika teradi hal ini demikian maka pertanggungjawaban saham akan dikembalikan pada perusahaan.

Alasan perusahaan menarik kembali saham , karena : 

  1. Perushaan tidak mampu membayar dividen 
  2. Perusahaan akan melakukan merger 
  3. Perusahaan akan melakukan Liquidasi