Paradigma dan Mindset

Dalam beberapa literatur dijelaskan bahwa paradigma itu adalah suatu cara pandang seseorang terhadap suatu perihal yang membutuhkan pemahaman. Bahwa cara pandang bukanlah cara melihat dengan pengertian pemandangan itu membutuhkan perkiraan sedangkan penglihatan membutuhkan alat yaitu mata. 


Jika sesuatu hal yang dipandang perlu maka seseorang akan melakukan respon menurut apa yang dilihat apa yang dia dengar dan apa yang dia pikirkan sehingga reaksi yang diberikannya sangat dipengaruhi oleh seberapa luas latarbelakang pendidikannya dan latarbelakang pengalamanny. 

Contoh Pandang : Cara pandang orang yang satu denga orang yang lainnya berbeda. Misalnya, tingkat elemen masyarakat antara ibu rumah tangga dengan pengusaha.Misalnya, di demonstrasi buruh, bisa jadi ibu rumah tangga mau tahu karena tidak mengerti apa itu UMR dan disisi lain pada pengusaha ini adalah hal yang sangat penting. 

Pengertian luas tentang mindset merupakan suatu reaksi atau sesuatu yang memberikan balasan dari apa yang dilihat (dipahami). Mindset yang timbul dari seseorang sangat nyata terlihat ketika reaksi itu terwujud dalam suatu perilaku atau tindakan. Oleh karena itu perusahaan sebagai unit usaha berupaya menuntut untuk menuntut dan mengendalikan mindset.